Jam tangan mewah hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Terkadang, brand jam tangan mengeluarkan jam tangan yang cukup tipis untuk meningkatkan kenyamanan pemakainya. Kira-kira, apa saja jam tangan paling tipis yang ada saat ini? 

Ketebalan jam tangan memang sangat mempengaruhi kondisi pemakaian. Kalau butuh melakukan banyak aktivitas, jam yang tipis mungkin akan terasa lebih nyaman dipakai.

Jadi, bagi yang ingin mencari jam dengan ketebalan yang tipis, coba simak beberapa rekomendasinya di bawah ini. 

1. Patek Philippe Nautilus 5712/1A-001

jam tangan paling tipis

Jam tangan yang satu ini merupakan bagian dari koleksi Nautilus, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1976 oleh desainer terkenal, Gérald Genta. 

Nautilus dikenal dengan bentuk casing yang menyerupai porthole atau jendela kapal, memberikan tampilan yang unik dan sporty.

Uniknya, tipe Nautilus 5712/1A-001 hadir dengan tampilan yang lebih tipis dari seri lain. Ketebalannya sekitar 8,53 mm dengan casing berbahan stainless steel berukuran 40 mm. 

Dial jam ini berwarna biru dengan pola garis horizontal, memberikan kesan dinamis dan modern. Di dalamnya terdapat fitur fase bulan. 

Jam tangan ini digerakkan oleh mesin otomatis Patek Philippe Caliber 240, yang dikenal karena presisi dan kualitasnya. 

Mekanisme ini juga dilengkapi dengan rotor yang dapat dilihat melalui bagian belakang transparan dari casing, menampilkan keindahan teknik horologi yang dipakai oleh Patek Philippe.

2. Panerai Luminor Due 38

jam tangan paling tipis

Panerai Luminor Due 38 adalah salah satu jam tangan yang menonjol dalam koleksi Panerai, terkenal karena desainnya yang tipis dan elegan. Jam ini merupakan versi yang lebih ramping dari model Luminor klasik.

Dengan ukuran casing 38mm, Luminor Due 38 memiliki ketebalan yang sangat tipis, sekitar 10,5 mm, menjadikannya salah satu jam tangan Panerai yang paling ramping. Casing terbuat dari stainless steel atau titanium.

Jam ini menggunakan mesin otomatis Panerai Caliber P.900, yang dikenal karena ketepatan dan daya tahan. Mekanisme ini dirancang untuk memberikan cadangan daya hingga 72 jam.

3. Vacheron Constantin Overseas Perpetual Calendar Ultra-Thin Skeleton 4300V/120G-B946

Dari namanya saja, kita sudah dapat melihat bahwa jam ini memang dirancang sebagai salah satu jam tangan paling tipis. 

Vacheron Constantin Overseas Perpetual Calendar Ultra-Thin Skeleton 4300V/120G-B946 terbuat dari emas putih dan berukuran 41,5 mm, dengan ketebalan hanya sekitar 8,1 mm. 

Desain skeleton pada dial memungkinkan pemakai untuk melihat keindahan mekanisme jam yang rumit. Dial transparannya memperlihatkan berbagai elemen mekanik dan roda, menciptakan tampilan yang sangat artistik dan elegan.

Jam ini menggunakan penggerak Vacheron Constantin Caliber 4400, sebuah mesin otomatis ultra-tipis yang memiliki cadangan daya hingga 65 jam. 

Di dalamnya juga terdapat fitur tambahan seperti kalender perpetuasi yang mampu menghitung bulan dan tahun kabisat. 

4. Richard Mille RM07-01

jam tangan paling tipis

Kalau dibandingkan dengan jam-jam yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya RM07-01 memiliki ketebalan yang lebih tinggi, yaitu 13,15 mm. Namun, di antara jam Richard Mille lainnya, jam ini memiliki ketebalan yang paling tipis. 

Jam tangan ini memiliki casing berbentuk tonneau yang khas seperti semua jam dari Richard Mille. 

Casing ini terbuat dari bahan ringan seperti titanium atau karbon, dan biasanya dihiasi dengan warna-warna cerah yang mencerminkan gaya sporty dan modern Richard Mille. 

Jam tangan RM07-01 digerakkan oleh mesin otomatis Caliber RMAS7, yang menawarkan cadangan daya hingga 50 jam. Mesin ini dirancang untuk memberikan akurasi tinggi dan ketahanan terhadap guncangan, yang merupakan ciri khas dari jam tangan Richard Mille.

Baca juga: Mengapa Jam Richard Mille Mahal? Harganya Hingga Ratusan Miliar!

5. Jaeger-LeCoultre Master Ultra-thin Squelette

Sesuai namanya, jam ini merupakan jam dengan ketebalan yang sangat tipis dari Jaeger-LeCoultre. Casing jam ini berukuran sekitar 39 mm dan memiliki ketebalan hanya 7,9 mm, menjadikannya salah satu yang paling tipis di pasaran. 

Case jam ini terbuat dari emas putih atau rose gold, dengan finishing yang halus, memberikan kesan mewah dan klasik. Dial jam ini menampilkan desain skeleton yang menawan, memungkinkan pemakai untuk melihat mekanisme di dalamnya. 

Roda gigi dan komponen lainnya terlihat jelas lewat desain skeleton ini, menciptakan efek visual yang menarik dan menekankan keterampilan teknik yang digunakan dalam pembuatannya.

Jaeger-LeCoultre Master Ultra-Thin Squelette digerakkan oleh mesin otomatis Caliber 849S, yang merupakan salah satu mekanisme ultra-tipis yang paling terkenal. Dengan ketebalan hanya 2,4 mm, mekanisme ini memberikan cadangan daya sekitar 35 jam. 

Baca juga: 3 Rekomendasi Jam Tangan Dial Kecil oleh Aldian Muhammad

Itulah beberapa jam tangan paling tipis yang cocok dijadikan pilihan. Beberapa dari jam-jam yang disebutkan di atas saat ini sudah tersedia di Luxehouze.

Luxehouze memiliki koleksi jam tangan mewah yang sangat beragam, mulai dari Rolex, Patek Philippe, Richard Mille, dan masih banyak lagi. Semua produknya terjamin 100% otentik dan bisa didapatkan dengan harga terbaik.

Jadi, kalau sedang mencari jam tangan mewah, termasuk jam tangan paling tipis, jangan ragu untuk segera menemukannya di Luxehouze.