Ada berbagai jenis strap jam tangan yang tersedia di pasaran dan memiliki desain yang berbeda-beda. Strap atau tali jam tangan atau strap jam tangan umumnya terbuat dari karet, nilon, kulit, dan stainless steel

Jenis tali jam yang dipakai akan mempengaruhi tampilan jam serta fashion secara keseluruhan. Misalnya, strap dari karet lebih cocok untuk kegiatan santai dan olahraga. Sementara, strap berbahan kulit cocok untuk acara yang lebih formal. 

Karena itu, penting untuk menggunakan strap jam tangan yang sesuai. Mari simak informasi tentang berbagai jenis strap jam tangan yang ada lewat artikel ini. 

Mengenal 12 Jenis Strap Jam Tangan

Setidaknya ada 12 jenis strap yang bisa ditemukan pada jam tangan mewah. Berikut ini penjelasan untuk setiap jenis strap tersebut.  

1. Stainless steel

Jenis strap yang satu ini paling umum digunakan dan seringkali menjadi bahan utama yang dipakai oleh produsen jam tangan. Kebanyakan jam mewah hadir dengan tali stainless steel. 

Strap berbahan stainless steel memiliki bentuk dan gaya yang berbeda-beda. Umumnya, jenis tali ini memiliki warna dominan perak khas baja. Warna ini termasuk netral, sehingga paling mudah dipadukan dengan berbagai macam pakaian.

jenis strap jam tangan

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Jam Tangan Stainless Steel dengan Mudah

2. Karet

Selain stainless steel, bahan karet juga sering dipakai pada tali jam tangan. Bisa dibilang, jenis tali ini adalah jenis yang paling cocok dipakai untuk kegiatan di luar ruangan, seperti olahraga. 

Sebab, ketika melakukan aktivitas olahraga, tubuh lebih sering berkeringat. Material karet bisa tetap awet meski terkena keringat dan air. 

Dengan menggunakan jam tangan bertali karet, maka tampilan secara keseluruhan akan terkesan lebih kasual dan sporty

jenis strap jam tangan

3. Kulit

Selain itu, ada juga tali atau strap kulit. Tali jam ini umumnya mempunyai kesan formal, sehingga lebih cocok digunakan saat akan datang ke acara formal. 

Ada beberapa jenis strap kulit, yaitu kulit biasa dan juga dress leather. Kulit biasa cocok dan nyaman digunakan sehari-hari. Tapi, kalau ingin tampil lebih formal dan sopan, bisa menggunakan dress leather

Dress leather biasanya terbuat dari kulit buaya, kangguru, dan lainnya. Kualitas yang tinggi ini membuat dress leather strap memiliki keindahan tersendiri.

jenis strap jam tangan

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Jam Tangan Kulit Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

4. NATO

Pernah mendengar jenis strap jam tangan NATO? NATO adalah jenis tali dari bahan nilon yang ringan, awet, dan memiliki harga terjangkau. Jenis strap yang satu ini biasanya memiliki desain garis-garis dengan beberapa warna. 

Meski harganya tidak tinggi, tapi tali NATO sangatlah berkualitas dan tahan lama. Tali jam ini sangat cocok digunakan bagi pecinta tampilan kasual dan simpel, tetapi tetap stylish.

5. Nilon

Berikutnya ada jenis tali nilon, yaitu material lentur yang bisa dicuci. Karena bahannya elastik, tali nilon mudah mengikuti bentuk pergelangan tangan pemakaianya. 

Tali nilon sangat awet dan nyaman digunakan untuk waktu yang lama. Bahkan, material ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan tali jam tangan anggota militer karena terkenal kokoh dan nyaman. 

Baca juga: Cara Memilih Aksesoris Jam Tangan yang Tepat

6. Rally

Jenis strap jam tangan yang satu ini cocok digunakan di musim panas. Tali ini memiliki lubang yang dikenal dengan julukan perforasi yang mampu mengurangi beban dan gesekan udara. 

Tali jam seperti ini juga dapat dipilih jika pergelangan tangan mudah berkeringat. Bahan rally ini umumnya terbuat dari kombinasi material kulit dan karet yang sudah diolah secara khusus.

7. Jubilee

Jenis strap jam tangan yang satu ini hanya ada pada jam Rolex. Sebab, jubilee dirancang dan diolah secara khusus oleh Rolex untuk memproduksi strap yang khas pada setiap produk jamnya.

Meski hanya digunakan oleh satu merek, tapi tali jubilee sangatlah populer. Jenis strap ini pertama kali digunakan oleh Rolex pada koleksi Datejust di tahun 1945 dan masih terus diproduksi sampai saat ini.

Tali ini memiliki tampilan khas berupa 5 bagian logam yang dirangkai menjadi sebuah strap dengan kontur yang mengalir. Lalu, di dalamnya ada tiga bagian terpisah dengan ukuran lebih kecil dan mengkilap.

Baca juga: Simak 4 Cara Meng-upgrade Tali Jam Tangan Mewah dengan Mudah

8. Engineer

Kalau sedang mencari tali jam tangan berdesain menawan, maka jenis strap jam tangan engineer cocok dijadikan pilihan. Tali jam ini terbuat dari metal dengan lima baris metal yang setiap sudutnya memantulkan cahaya dari segala sisi. 

Jam tangan dengan jenis tali ini umumnya berukuran standar, tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar, dan biasanya digunakan pada jam tangan penyelam atau diver watch

9. Sailcloth

Sesuai dengan namanya, tali jam tangan ini dibuat dari bahan nilon yang kerap digunakan untuk membuat kain layar. Karena itu, jenis strap jam tangan ini memiliki daya tahan yang tinggi. 

Bukan cuma itu, sailcloth juga dapat menyerap air dengan baik dan cepat kering. Tali jam tangan ini akan memberikan kesan yang stylish dan tetap nyaman. 

10. Oyster

Berikutnya ada oyster atau oystersteel, yaitu jenis strap lain yang khusus digunakan oleh Rolex. Tali oyster ini terbuat dari metal tahan air yang bisa dipakai untuk kegiatan olahraga. 

Jenis tali jam ini sudah digunakan Rolex sejak tahun 1930-an dan sampai sekarang masih sangat sering ditemukan pada koleksi terbarunya.

jenis strap jam tangan

11. Perlon

Jenis yang berikutnya adalah Perlon. Tali jam tangan yang satu ini terbuat dari bahan nilon dengan desain yang berkarakter. 

Tidak seperti rally, pada perlon tidak terdapat lubang di bagian tali, sehingga bahan ini akan terasa sedikit lebih panas dan membuat lembab. Meski begitu, kualitasnya tetap terjamin dan tampilannya tetap terlihat elegan. 

12. Keramik

Keramik juga menjadi salah satu jenis strap jam tangan yang banyak digunakan. Tali jam tangan ini memiliki bobot yang ringan, anti gores, serta tidak membuat kulit iritasi. 

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka jenis tali ini dapat dijadikan pilihan. Namun, tali jam tangan berbahan keramik umumnya memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari lainnya.

Koleksi Jam Tangan Mewah dengan Berbagai Jenis Strap di Luxehouze

Itu beberapa jenis strap jam tangan yang ada di pasaran. Setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda. Sesuaikan jenis tali yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. 

Ketika membeli jam tangan mewah, Anda akan mendapatkan tali bawaan yang disediakan langsung oleh produsen jam. Tapi, tali tersebut umumnya masih bisa diganti sesuai keinginan. 

Pastikan untuk memilih tali pengganti yang berkualitas. Ada tali jam tangan berbahan karet yang dibuat oleh Rubber B dan tersedia juga di Luxehouze. 

Temukan koleksi jam tangan yang diinginkan di Luxehouze dan dapatkan strap Rubber B jika ingin mengganti tampilan jam sesuai selera. Luxehouze menyediakan jam dari berbagai merek, semuanya terjamin 100% autentik dan bisa didapatkan dengan harga terbaik.