Siapa yang tak kenal Rio Motret, sosok fotografer profesional langganan selebritas Indonesia? Pria bernama asli Rio Wibowo ini memulai kariernya di dunia fotografi di tahun 2004. Saat ini, Rio telah bekerjasama dengan banyak nama besar di dunia hiburan tanah air. Ia juga secara rutin menampilkan karyanya dalam pameran foto yang mengangkat berbagai tema spesial nan tak biasa. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Rio juga adalah seorang kolektor jam tangan mewah.

Luxehouze berkesempatan bertemu secara langsung dengan Rio Motret dan mengadakan sesi ngobrol seru tentang koleksinya. Simak cerita lengkapnya!

Rio dan Koleksi Jam Tangannya

Rio mengoleksi jam tangan mewah sejak tahun 2020. Kini, hanya dalam dua tahun, Rio sudah memiliki tujuh jam tangan mewah dalam koleksinya. Rio pun menemukan ketertarikan pada jam tangan keluaran Rolex. Rio mengaku bahwa ia sangat menyukai desain dan tampilan jam tangan Rolex yang versatile, sehingga cocok dipakai ke berbagai jenis acara, mulai dari yang formal hingga casual—sangat cocok dengan collecting style-nya. Harganya pun masih tergolong terjangkau. Nah, jam tangan apa saja yang dimiliki Rio?

1. Hublot Classic Fusion

Jam tangan mewah pertama Rio adalah Hublot Classic Fusion, salah satu seri terpopuler keluaran Hublot, salah satu brand jam tangan mewah terbesar dunia yang berasal dari Swiss. Rio membeli jam tangan ini karena desainnya yang menarik—classy sekaligus sporty.

Classic Fusion adalah seri jam tangan keluaran Hublot yang mengedepankan dua hal: keindahan dan kenyamanan. Hublot Classic Fusion memiliki desain yang klasik dan elegan tapi tetap menampilkan jatidiri brand Hublot. Case-nya ramping dan tidak bulky, dengan tebal hanya 10,5mm bahkan di ukuran case 45mm. Pada seri ini, Anda bisa menemukan berbagai model dengan berbagai price range, baik low, mid, maupun high.

2. Rolex Datejust 41 Jubilee Black Dial

“Jam tangan yang paling aku suka di dalam koleksi aku adalah Rolex Datejust 41 with a Jubilee bracelet and a black dial”, papar Rio. Jam tangan dari salah satu koleksi Rolex paling populer ini juga merupakan jam tangan Rolex pertamanya.

Seri Datejust adalah salah satu seri jam tangan Rolex paling digemari. Dengan desain yang simple, klasik, dan elegan serta ketebalan case yang hanya 12mm, seri Datejust adalah salah satu dress watch terfavorit sepanjang masa. Namun, banyak pemilik Datejust yang justru menobatkan jam tangan ini sebagai the perfect everyday watch, membuktikan bahwa Datejust adalah jam tangan yang versatile. Di kalangan pria, ukuran case 41mm adalah yang paling banyak dicari.

3. Rolex GMT-Master II “Batman”

Rolex GMT-Master II “Batman” adalah jam tangan termahal sekaligus yang paling sulit didapatkan di dalam koleksi Rio. Namun, jam tangan ini juga adalah yang paling sering membuatnya memperoleh perhatian, pujian, dan pertanyaan dari orang-orang sekitarnya.

Wajar saja, GMT-Master II adalah salah satu seri Rolex paling ikonik dan didambakan oleh para kolektor jam tangan di seluruh dunia karena sejarahnya serta keterampilan yang dicurahkan dalam pembuatannya. Julukan “Batman” mengacu pada bezel-nya yang berbahan keramik dan memiliki kombinasi warna hitam dan biru. Seri GMT-Master II dirancang khusus untuk menunjukkan waktu di dua zona waktu yang berbeda secara bersamaan, sehingga cocok untuk Anda yang sering bepergian keliling dunia.

Next on His Wishlist: Rolex Cosmograph Daytona

Kami juga menanyakan pada Rio, apa jam tangan yang sedang ia incar untuk ditambahkan ke dalam koleksinya. “The next one on my wishlist is a Rolex Cosmograph Daytona in white gold and with a grey dial,” jawabnya. He does have a good eye. Rolex Cosmograph Daytona adalah sebuah “holy grail” bagi seorang kolektor jam tangan. Untuk mendapatkan sebuah jam tangan Rolex Cosmograph Daytona, Anda mungkin harus menunggu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Jam tangan incaran Rio ini spesial karena bahan emas putih yang digunakan untuk case-nya dan strap-nya yang berbahan Oysterflex. Tertarik mengoleksi jam tangan ini? Temukan di Luxehouze!

Rio tentang Watch Investment

Bagi Rio, jam tangan mewah adalah salah satu bentuk investasi terbaik saat ini, terutama jika dilakukan dengan bijaksana dan pemahaman yang cukup tentang market. Ada dua alasan. Alasan pertama, tentu saja, adalah potensi ROI yang tinggi. Sedangkan alasan yang kedua adalah kebahagiaan yang didapatkan dari koleksi jam tangannya.

Rio bahkan beberapa kali berhasil mempengaruhi teman dan kerabatnya untuk ikut mengoleksi jam tangan sebagai investasi. Ia membagi cerita tentang bagaimana harga jam tangan mewah cenderung naik dari tahun ke tahun. Ia juga menceritakan pengalaman kolektor yang untung besar karena harga jam tangan yang dimilikinya mengalami kenaikan secara signifikan.

Ia pun membagi tips spesial untuk Anda, para kolektor jam tangan mewah. “Belilah jam yang benar-benar sesuai dengan karakter pribadi Anda. Jangan hanya mengikuti tren. Lalu, kalau bisa, pilih merek-merek yang harganya selalu mengalami kenaikan setiap tahun, sehingga selain bisa dijadikan koleksi, juga bisa dijadikan investasi,” ujarnya. Nah, Rio punya rekomendasi beberapa jam tangan mewah yang harus Anda miliki sebagai seorang kolektor. Tonton videonya di Instagram kami, di sini!

Rio tentang Belanja di Luxury Marketplace

Sekalipun ia juga membeli dan mengikuti beberapa waiting list di authorized retailer, Rio tetap rutin “hunting” jam tangan incarannya di luxury marketplace. I love buying watches at marketplaces karena pasti tersedia berbagai model yang rare. Kalau kita mau beli langsung di official retailer-nya, kita pasti harus menunggu lama,” jelasnya.

Lalu, bagaimana Rio memilih marketplace untuk berbelanja produk luxury? Ia menyukai marketplace yang menyediakan opsi membeli dan juga menjual produk luxury dengan mudah dan cepat. Selain itu, ia juga mengutamakan marketplace yang memberikan jaminan keaslian 100%. Karena kedua alasan ini lah, Luxehouze kini menjadi salah satu luxury marketplace andalannya.